PAWAI BUDAYA ATAU KARNAVAL, RAMAIKAN KOTA SANGGAU


Sebanyak 44 regu peserta ambil bagian dalam kegiatan Pawai Budaya atau karnaval pada hari Sabtu tanggal 19 Agustus 2017 pukul: 14.00 WIB. Kegiatan yang diselenggarakan masih dalam rangka memeriahkan HUT ke 72 Kemerdekaan RI di Kabupaten Sanggau ini mengambil star di halaman Kantor Bupati Sanggau yang di lepas oleh Bupati Sanggau, setelah sebelumnya Lomba Sepeda Hias juga dilepas dari tempat yang sama. Dilihat dari antusias peserta dan berbagai kreasi seni serta jenis dan bentuk pakaian yang digunakan oleh peserta menunjukkan bahwa generasi Sanggau masih memiliki kesadaran akan berbangsa dan bernegara yang cukup tinggi, semangat persatuan dan kesatuan, serta rasa bangga karena telah menjadi anak Indonesia dan anak Sanggau, yang terdiri dari berbagai suku dan agama namun mereka bisa berada dalam satu barisan yang kompak. Setidaknya ini makna yang dapat diambil dari lomba ini, karena selain menggunakan pakaian adat atau tradisional, mereka juga menggunakan pakaian dinas yang seakan memainkan peran sebagai anggota TNI, POLRI, SATPOL PP, dokter dan perawat, sebagai pahlawan atau pejuang dan lain sebagainya. Kreatipitas yang ditampilkan anak-anak Sanggau ini mencerminkan rasa cinta mereka akan bangsa dan Tanah Air Indonesia. Bahkan di selah-selah capeknya mereka berjalan kaki, mereka tetap semangat sambil meneriakkan beberapa yel-yel, di antaranya: “SIAPA KITA, (dan yang lain menjawab) KITA ANAK SANGGAU”… dan ada juga yang meneriakaan: “HANYA ADA SATU KATA UNTUK INDONESIA”, (dan yang lain menjawab) “MERDEKA….”, Dan uniknya, ada juga kelompok peserta yang memainkan drama singkat atau parodi atau seni treatikal dijalanan, ada yang memainkan adegan yang menggambarkan suasana bangsa Indonesia TEMPO DOELOE, yang belajar membaca seakan mengambil riwayat sejarah RA. KARTINI dengan kisah “HABIS GELAP TERBITLAH TERANG”, dan ada juga permainan peran dalam persembahan teater mereka yang menggambarkan konflik sosial yang sering terjadi di masyarakat, diantaranya perkelahian dan tauran, yang ahirnya menampillan Polisi sebagai pengamannya.
Cukup bermakna dan mengandung pesan moral yang tinggi dari apa yang mereka tampilkan, oleh karena itu kita berharap agar kegiatan seperti ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan untuk masa yang akan datang.
Dua kegiatan lomba ini berakhir atau Finish di Komplek Taman Kampung Sentana dan seluruh peserta disambut meriah oleh masyarakat yang memang menanti kedatangan mereka.
Usai kegiatan Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP, M.Si di dampingi oleh istri tercinta Ibu Arita Apolina, S.Pd, M.Si melantunkan suara merdunya dengan lagu DOLIN DONADO, yang sontak menggoyang riuh seluruh pengunjung di depan panggung sore itu.
Usai berdendang, orang nomor satu di Kabupaten Sanggau ini berkenan memberikan hadiah dorprice berupa handphone dengan memberi pertanyaan hapalan pembukaan UUD 45, dan berhasil dijawab oleh salah seoang pengunjung siswa SMAN 3. Sementara itu sang istri ibu Arita juga memberikan pertanyaan yaitu hapalan Teks Proklamasi, dan berhasil dijawab oleh siswa SMAN 01 Sanggau dan berhasil memboyong hadiah HP juga, kemudian dilanjutkan oleh Sekda bapak A.L. Laysandri, SH juga berkesempatan memberikan dua pertanyaan tentang apa selogan HUT ke 72 Kemerdekaan RI. dan apa kepanjangan dari KABANA.
Acara seremonial ini berlangsung hingga sore hari dan dilanjutkan malam yang merupakan malam penutupan seluruh rangkaian kegiatan HUT ke 72 Kemerdekaan RI di Kabupaten Sanggau….

Editor : #ishak#DISKOMINFO#Sgu

Sumber : DISKOMINFO KAB. SANGGAU