Penyusunan Perencanaan Teknis SKPD Tingkat Provinsi Tahun 2019 di Kabupaten Sanggau


Tata cara Penerbitan STR Nakes V.2.0

Pada hari Rabu tanggal 9 April 2019 pukul 08.00 WIB bertempat di Aula “GRAND NARITA HOTEL”, Jln. A. Yani, Kelurahan Ilir Kota Kecamatan Kapuas, Sanggau telah dilaksanakan kegiatan Penyusunan Perencanaan Teknis SKPD Tingkat Provinsi Tahun 2019 di Kabupaten Sanggau (kegiatan Penyusunan Rentis Kesbangpol se-Kalimantan Barat) yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Barat dengan dihadiri oleh 70 orang Peserta, di antaranya Wakil Bupati Sanggau (Drs. YOHANES ONTOT, M.Si), Plt. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Barat (Drs. M. LUTFI), Kepala Bidang Hubungan Antar Lembaga Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Barat (TUTI SUMARNI, S.Sos, M.Si), Kepala Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Sanggau (ANTONIUS, S.Sos), para Perwakilan dari OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau dan para Perwakilan dari Badan/Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat.

Kegiatan Penyusunan Rentis Kesbangpol se-Kalimantan Barat tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk mensinergikan Program/Kegiatan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik di Daerah dalam rangka pemantapan persiapan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 serta mendukung Pembentukan Desa Mandiri di Kalimantan Barat.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Sanggau menyampaikan ucapan terima kasih atas nama Pemerintah Kabupaten Sanggau kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik yang telah memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Sanggau sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan Penyusunan Perencanaan Strategis SKPD Tingkat Provinsi Tahun 2019 tersebut.

Wakil Bupati Sanggau turut menyampaikan bahwa sejak dimulainya Era Reformasi tahun 1998 hingga sekarang, masyarakat kita telah mengalami perubahan yang sangat besar seperti munculnya tuntutan keterbukaan, kebebasan, kesadaran akan HAM, meluasnya partisipasi, yang didorong oleh gelombang globalisasi dan demokratisasi yang tidak hanya mengubah cara pandang, orientasi dan gaya hidup masyarakat, tetapi juga menyatukan orientasi dan budaya menuju satu budaya dunia. Kondisi ini tentu saja mempengaruhi rasa nasionalisme yaitu sifat menghayati jati diri bangsa yang di dalamnya terpatri rasa cinta dan siap berkorban untuk bangsa dan negara. Untuk itu upaya memperkuat sikap nasionalisme selalu menjadi panggilan sejarah yang selalu relevan di setiap zaman. Kita dituntut untuk melakukan langkah-langkah nyata secara menyeluruh dan terpadu agar sikap nasionalisme tetap terjaga dengan baik. Di saat yang sama, seiring perkembangan demokratisasi dunia, negara kita juga menjalankan prinsip-prinsip berdemokrasi yang sesuai dengan Pancasila. Namun dinamika demokrasi yang sedang kita jalani diwarnai dengan berbagai permasalahan, seperti lemahnya representasi politik demokrasi mengarah pada elitis, aktor pejuang demokrasi mengambang dan menguatnya suasana apolitik rakyat. Akibatnya kita disuguhkan dengan tontonan politik yang gaduh, penyimpangan kewenangan dan praktek politik yang masif. Menghadapi hal ini, penguatan pendidikan politik harus dilakukan. Pendalaman mengenai 4 Pilar berbangsa dan bernegara, pemahaman mengenai hak dan kewajiban warga negara Indonesia dalam membangun etika dan budaya politik serta pengkaderan anggota Partai Politik secara berjenjang dan berkelanjutan, agar terus dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak yang berkepentingan. Terkait dengan hal tersebut, Wakil Bupati Sanggau berpandangan bahwa kita harus mendorong perubahan baru dalam mengelola urusan kesatuan bangsa dan politik. Bekerja lintas sektor, memperluas partisipasi masyarakat serta penguatan manajemen seperti aspek kelembagaan, SDM, tata kelola serta alokasi anggaran harus dilakukan dalam mengelola urusan kesatuan bangsa dan politik. Wakil Bupati Sanggau menyambut baik dilaksanakannya kegiatan Penyusunan Perencanaan Teknis di bidang Kesatuan Bangsa dan Politik se-Kalimantan Barat ini, tentu saja, kegiatan ini akan membahas berbagai permasalahan dan isu strategis dalam rangka pemantapan persiapan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 serta mendukung Pembentukan Desa Mandiri di Kalimantan Barat yang merupakan Program dari Gubernur Kalimantan Barat. Wakil Bupati Sanggau mengajak kepada semua Peserta untuk dapat mensukseskan kegiatan Penyusunan Rentis Kesbangpol se-Kalimantan Barat tersebut dengan menjalin interaksi yang konstruktif, menyumbangkan ide dan konsep yang berkualitas guna mendukung peningkatan kinerja pelaksanaan urusan Kesatuan Bangsa dan Politik di Kalimantan Barat pada umumnya.

Usai menyampaikan sambutannya, kemudian Wakil Bupati Sanggau dengan mengharap ridho dari Tuhan Yang Maha Kuasa secara resmi membuka kegiatan Penyusunan Perencanaan Teknis SKPD Kesbangpol se-Kalimantan Barat Tahun 2019.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Bangga Bangga
0
Bangga
Sedih Sedih
1
Sedih

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format